Tahun Baru Islam

Posted on 20 January 2007

1


Hari ini, 20 Januari 2007 M

SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1428 H

Hijrah itu sebagai langkah perubahan Muhammad untuk membuat sesuatu yang lebih baik di masyarakat Madinah. Di tempat yang baru Muhammad ternyata berhasil membangun peradaban baru yang lebih mencerahkan.

Tidak jauh beda dari tahun sebelumnya, pergantian tahun baru Islam ini diperingati dalam suasana penuh keprihatinan. Sejak dari tenggelamnya KM Senopati Nusantara, banjir di Riau, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), hilangnya pesawat Adam Air, hingga kecelakaan KA Senja Bengawan. Berbagai musibah ini menelan korban yang tidak sedikit. Menimbulkan kesedihan tak hanya bagi orang yang kena musibah, keluarga korban, tapi juga semua elemen bangsa ini ikut berduka.

Meski banyak cara memperingati pergantian tahun, hal paling pokok yang tidak bisa ditinggalkan adalah spirit atau semangat kita untuk terus berhijrah, meninggalkan hal buruk untuk meraih sesuatu yang lebih baik. Bukan apa-apa, spirit berhijrah (perubahan) saat ini masih menjadi barang mahal bagi bangsa Indonesia. Dengan spirit Tahun Baru Hijriah, saatnya bangsa ini melakukan perubahan.

Hal ini dilandasi peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah pada 24 September 622 M silam. Muhammad memutuskan hijrah ke Madinah karena masyarakat Mekah sudah tidak lagi bersahabat dengan Nabi, tak bisa menerima dakwahnya. Hijrah itu sebagai langkah perubahan Muhammad untuk membuat sesuatu yang lebih baik di masyarakat Madinah. Di tempat yang baru Muhammad ternyata berhasil membangun peradaban baru yang lebih mencerahkan. Peristiwa hijrahnya Muhammad ke Madinah ini oleh sahabat Umar Bin Khattab dipakai sebagai awal penanggalan Islam.

Boleh jadi (semoga saja tidak) musibah-musibah itu akan datang lagi di masa datang bila semua tidak melakukan penataan total terhadap perilaku elemen bangsa ini. Yah, sudah saatnya kita untuk berubah…

About these ads
Posted in: Oase