About Nokia

Posted on 11 September 2006

0


Bagi anda para pemakai ponsel merek Nokia, yang berasal dari Finlandia ini, agaknya perlu mengetahui tentang 12 fakta penting Nokia yang baru saja diselidiki. Simak baik-baik 12 fakta tersebut di bawah ini:

  1. Tidak seperti ponsel modern lainnya, ponsel-ponsel keluaran Nokia tidak otomatis menunjukkan lamanya waktu bicara (call timer) pada saat terhubung dengan panggilan masuk atau keluar. Kecuali pada Nokia 6600 untuk seri 60.
  2. Nama kota “Nokia” diambil dari nama sebuah sungai yang mengalir, yang memiliki nama asli “Nokianvirta”, yang diambil dari bahasa Finlandia kuno yang berarti sejenis spesies hewan predator berbulu hitam yang sering ditemukan di negara tersebut namun sudah punah saat ini.
  3. Pelafalan kata “Nokia” dalam bahasa Finlandia, lebih ditekankan pada huruf konsonan pertama dan vokalnya diucapkan secara pendek. Namun bahasa Inggris versi Amerika mengucapkan kata “Nokia” dengan memberi penekanan pada huruf konsonan yang berada di tengah.
  4. Nada dering “Special” yang ada di setiap ponsel Nokia untuk menerima pesan SMS, sebenarnya adalah kode Morse untul “SMS”. Selain itu, nada dering SMS “Ascending” sesungguhnya adalah kode Morse yang artinya “Connecting People”, yang kini dijadikan slogan Nokia. Nada dering SMS “Standard”, juga merupakan kode Morse untuk huruf “M” yang berarti Message atau pesan.
  5. Nada dering “Nokia Tune” sebenarnya diambil dari permainan gitar “Gran Vals” seorang musisi Spanyol bernama Fransisco Tarrega. Pada awalnya nada dering “Nokia Tune” bernama “Grande Valse”, namun pada tahun 1998, ketika semua orang sudah mulai mengenal Nokia, maka orang-orang lebih senang menyebutnya “Nokia Tune”.
  6. Kadangkala Nokia disebut juga dengan “Aikon” (kebalikan dari huruf Nokia) oleh para pengguna ponsel non-Nokia dan para pembuat software ponsel, karena kata “Aikon” digunakan dalam paket software SDK setiap ponsel termasuk Nokia SDK jenis Symbian seri 60.
  7. Nokia juga memberi dukungan pada beberapa acara Alternate Reality Games (ARG) di Eropa sejak tahun 1999 hingga 2005 dengan menjadi sponsor resmi. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mempromosikan produk ponsel-ponselnya sekaligus memperkenalkan format ARG ke seluruh Eropa.
  8. Nokia masuk dalam daftar 20 besar perusahaan yang paling diminati di seluruh dunia berdasarkan majalah Fortune tahun 2006 (urutan pertama dalam bidang jaringan komunikasi dan urutan keempat sebagai perusahan non-Amerika).
  9. Saat ini Nokia diakui sebagai perusahaan manufaktur kamera digital terbesar di dunia karena penjualan ponsel berkameranya selalu memenuhi target lebih daripada perusahaan manufaktur kamera lainnya.
  10. Dalam persaingan pasar ponsel, Nokia merupakan kompetitor terbesar dari Motorola, Sony Ericsson, Samsung, LG, Philips, Kyocera, SAGEM, dsb.
  11. Huruf / Tulisan (Font) yang digunakan Nokia adalah AgfaMonotype Nokia Sans yang didisain oleh Eric Spiekermann. Sebelumnya, Nokia menggunakan font jenis Agfa Rotis Sans baik dalam iklan produknya maupun dalam buku panduannya.
  12. Terakhir nih, jika anda perhatikan, seluruh model ponsel Nokia yang beredar di kawasan Asia tidak memiliki digit angka 4, karena oleh sebagian besar masyarakat Asia, khususnya tradisi chinese, angka tersebut diyakini membawa kesialan atau hal buruk lainnya.
Posted in: Cellular