Untuk Apa Saja 3G?

Posted on 2 October 2006

0


Apa saja sih yang bisa kita lakukan di era 3G (triji)? Jawabnya, banyak sekali. Pada intinya triji adalah adalah perkembangan teknologi telekomunikasi nirkabel yang mampu menghadirkan komunikasi data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi. Kalau dianalogikan, triji seperti layaknya jalan tol. Mulai dari kendaraan mungil sampai truk yang jumlah rodanya susah kita hitung bisa melaju dengan lancar. Seperti juga jalan tol yang melarang kendaraan roda dua dan tiga melintas, untuk berjalan di jalur triji kita perlu ponsel khusus. Maksudnya, ponsel yang sudah triji-enable.

Saat berkomunikasi melalui ponsel, sebetulnya kita sedang melalui sebuah jalur dan saling mengirimkan data baik suara, gambar, teks, atau bahkan video. Artinya di era triji, banyak hal dapat kita lakukan.

Video Call
Telepon sambil melihat wajah lawan bicara. Jadi, ponsel tidak lagi ditempel di kuping, tetapi ditatap seperti saat kita menghadapi monitor PC. Akibatnya? Tak bisa bohong lagi pada pasangan. Ngakunya, meeting, padahal…miting. Tapi, bergembiralah para ‘pelaymboy’. Kabarnya bakal ada aplikasi yang dapat memanipulasi backround saat melakukan video call. Jadi seolah-olah, saban kita telepon ke pasangan suasananya sedang di kantor terus, atau di ruang meeting.

Video Conference
Ini yang seru. Rapat ngak perlu lagi ngumpul di ruangan. Cukup nyalakan ponsel, lalu bla, bla, bla, bla. Jangan lupa rambut disisir halus, pakai kemeja rapi plus dasi. Sebab wajah Anda akan terlihat si bos dari layar ponselnya. Soal di bagian bawah Anda masih mengenakan celana pendek atau cuma dililit handuk, siapa yang peduli. Toh, kamera tidak akan Anda arahkan ke bagian sensitif itu.

Mobile TV
Nonton TV di mana saja melalui layar ponsel. Mungkin bukan tayangan berdurasi lama yang cocok untuk layar secuil ini, tetapi dengan durasi yang pendek. Beberapa program sinetron di Eropa, dipotong-potong dengan durasi dua menit untuk diputar di layar ponsel. Ini juga merupakan tantangan kreatif bagi stasiun TV lokal atau rumah produksi kita.

Mobile Music
Menyaksikan video clip cukup dengan mendowload selama 8 menit, untuk memutar clip selama 10 menit. Asyik, setiap saat kita dapat menghibur diri dengan clip-clip terbaru.

Mobile Dating
Inilah layanan yang paling ditunggu jombloers (jomblo, sejomblo-jomblonya) yang wajahnya tidak dalam kategori amit-amit. Yang perlu dilakukan hanyalah membuat rekaman video pribadi yang menarik. Kemudian cari profile lainnya yang cocok. Dan kirimkan video rekaman Anda. Bila cocok, artinya dia menerima kiriman video kita, hubungan dapat dilanjutkan dengan melakukan kopi darat. Layanan ini memperoleh perhatian yang besar saat diluncurkan di Swedia.

Mobile Blogging
Bloggers seluruh dunia bersatu di ponsel! Begitu kira-kira iklan layanan masyarakat pengguna blog di Indonesia saat triji digelar. Kecepatan akses internet yang lebih baik, hingga 384 Kbps, membuat proses membuat blog menjadi lebih mudah dan lancar. Tak hanya teks dan gambar yang dapat dimasukan tetapi juga video.

Mobile Reporter
Everybody is a journalist. Setiap orang dapat melaporkan kejadian apapun, kapan pun dan di mana pun. Bila tiba-tiba kita melihat kecelakaan kereta api, langsung saja aktifkan video kamera ponsel. Rekam kejadian dan laporkan ke stasiun TV. Semua dapat berlangsung secara live alias real time. Wuih, kesempatan dapat Pulitzer nih…

Connection
Intinya semua jalur dapat dimanfaatkan secara lebih bebas dan terbuka. Dapat dilakukan di mana saja, dan kapan saja. Dengan ponsel, koneksi ke internet jauh lebih nyaman ketimbang dial up ala Telkom.

sumber dari sini

***

Comments:
Opo iyo,ah yang benerrr..:D duh yang punya ponsel 3G,promo terussssss
# posted by mr.bink : 3/10/06 9:08 PM

makanya ayo pake triji, biar bisa conference sama yg lain😀
# posted by LadyElen : 4/10/06 9:51 AM

aku juga mau beli hape yg bisa triji ach…
# posted by purwa : 4/10/06 11:46 AM
Posted in: Cellular