Bikin Ringtone MP3

Posted on 13 December 2006

2


Bila kita mempunyai file lagu MP3 favorit yang ingin dijadikan ringtone, tetapi ukurannya terlalu besar, atau ingin mengambil bagian tertentu saja dari lagu yang disukai, caranya cukup mudah. Caranya sbb:
Yang perlu diperhatikan:
  1. Mengetahui tipe file apa saja yang support untuk ringtone ponsel kita. Misalnya ponsel Sony Ericsson seri K bisa memainkan tipe mp3, aac/m4a, wav, amr, etc. Pada umumnya ponsel poliponik support file wav. Lebih jelasnya kita bisa membuka buku manual ponsel ybs atau mencari info di website gsmarena.
  2. Mempunyai Software audio editor. Saat ini menggunakan Adobe Audition 2.0, software audioeditor buatan Adobe System Incorporate yang mana mengadopsi teknologi Cooledit Pro buatan Syntrillium.
Pembuatan:
  • Bukalah program Adobe Audition, kemudian buka file yang dimaksud.
  • Dengan menggunakan mouse, pilih bagian lagu yang anda inginkan kemudian klik: Edit –> Trim, atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + T. (Tips: dalam memilih lebih baik disisakan agak berlebih). Selanjutnya apabila kurang pas, bisa dipilih lagi bagian yang akan dibuang, kemudian tekan tombol Delete.
Memilih bagian lagu yang diinginkan

Bagian lagu setelah ditrim dan delete
  • Selanjutnya supaya lagu tidak mulai maupun berhenti secara tiba-tiba, kita perlu menghaluskan bagian awal dan akhir lagu dengan membuat efek mengeras dan melembut. Pilih sedikit bagian awal lagu (1-2 detik), kemudian klik Favorite –> Fade In. Lakukan hal yang sama pada akhir lagu, kemudian klik Favorite –> Fade Out.
Pola amplitudo setelah dihaluskan (perhatikan bagian awal dan akhir lagu)
  • Putar lagi bagian tersebut, dan jika sudah sesuai kita tinggal menyimpannya. Klik File –> Save As.
  • Disinilah pentingnya kita tahu file yang disupport ponsel kita. Jika ponsel kita support mp3, maka pilih tipenya mp3PRO, kemudian tekan tombol Options. Set seperti yang diberi lingkaran merah, namun bisa juga memilih opsi yang lain.

Setting pada encoder mp3/PRO
  • Supaya lain kali tidak banyak yang kita klik, maka simpan setting tersebut pada preset. Klik tombol Add, kemudian beri nama, misal Ringtone. Klik OK untuk menyimpannya.
Menyimpan setting pada preset

  • Selanjutnya klik OK, beri nama file dan tekan tombol Save.
  • Untuk ponsel yang hanya support file wave sebagai ringtone (misal Nokia 6600), pilihlah tipeACM Waveform, kemudian klik tombol Options. Untuk kualitas terbaik bisa memilih setting CDQuality pada preset, namun filenya akan sangat besar. Kita pilih saja Attribute 22,050 kHz 8 bit; Mono 21 kb/sec untuk hasil yang efektif. Kita juga bisa menyimpan preset ini supaya lain waktu lebih praktis.

Pilihan setting untuk tipe wave.

Nah, jadilah bagian lagu favorite kita sebagai ringtone. Have fun🙂
Posted in: Cellular, Compunet