Tarif Lokal Telkom per Menit

Posted on 16 January 2007

2


Kebetulan pagi tadi channel TV di tempat kerja terpancang RCTI, berlangsung acara INISHOW yang dibawakan Indra Bekti & Nirina Zubir. Indra membawakan berita terbaru yang tentang Telkom yang akan mengubah sistem perhitungan tarif percakapan telepon lokal yang selama ini dihitung berdasarkan pulsa, menjadi hitungan per menit. Ow yaa??

Terhitung mulai 1 Februari 2007, ketentuan lama akan disederhanakan menjadi satuan menit dan berlaku sepanjang hari tanpa pembedaan menurut lokasi. Selama ini struktur tarif jasa telepon terkesan rumit karena dihitung berdasarkan pulsa yang durasi waktunya bisa berbeda-beda (1,5 menit, 2 menit, atau 3 menit) tergantung jarak dan waktu (time band) percakapan, dimana perhitungan satu pulsa dikenakan tarif Rp 250.

Dengan tarif baru ini, Telkom akan mengenakan tarif Rp 250 untuk percakapan lokal yang tidak melampaui dua menit. Sedangkan, bila percakapannya melebihi dua menit, maka tarif yang dikenakan untuk setiap menit berikutnya adalah Rp 125. Tarif ini berlaku sepanjang hari tanpa membedakan lokasi tempat tinggal pelanggan.

‘Katanya’, selain sebagai bagian dari strategi Telkom untuk menghadapi persaingan antaroperator, kebijakan ini dilakukan sebagai respon atas permintaan regulator untuk memberlakukan tarif percakapan lokal berbasikan menit. Dengan basis perhitungan per menit, pelanggan diharapkan akan lebih mudah memahami sekaligus mengendalikan biaya komunikasi yang dilakukannya.

Kira2… lebih mahal mana antara tarif percakapan lokal berbasiskan menit or pulsa?

Posted in: Cellular