Yoga Untuk Kecantikan

Posted on 10 February 2007

2


Setiap orang memiliki energi atau aliran panas yang berasal dari dalam tubuh. Dengan yoga, kita dapat mengarahkan energi tersebut pada sesuatu yang bersifat konstruktif, yang dapat membuat pikiran menjadi tenang. Selain itu, yoga dapat melancarkan aliran oksigen di dalam tubuh. Sehingga tubuh pun sehat, termasuk wajah.

Khusus untuk wajah, Anda dapat melakukan yoga yang dapat membuat kulit wajah dan leher mulus, sehat, segar, serta mata berbinar cemerlang. Kulit wajah dan leher mulus, serta mata cemerlang bisa didapat dengan melakukan yoga khusus. Ingin mencoba? Caranya cukup mudah!

MATA

Sebaiknya yoga untuk mata ini dilakukan di luar ruangan sambil menghirup udara segar. Lakukan pagi hari sebelum beraktivitas atau malam hari sebelum tidur.

Fungsi:
1. Melancarkan peredaran darah dan oksigen di seputar mata.
2. Mengatasi kerut halus yang disebabkan oleh dehidrasi dan penuaan dini.
3. Mengatasi mata Ielah akibat kurang tidur, terlalu lama membaca, menonton Tv atau bekerja di depan komputer, tidur dengan posisi yang salah, atau kebiasaan merokok.
4. Mengeluarkan kotoran yang ada di dalam mata melalui air mata.
5. Mengencangkan kulit di seputar mata dan membuat mata terlihat segar (dibantu dengan produk yang sesuai).
6. Menghaluskan dan melembapkan kulit seputar mata.

Cara:
1. Penenangan. Duduk dan berkonsentrasi (+1-2 menit) sambil melatih pernafasan. Di sini, energi di dalam tubuh diolah dan di tingkatkan
2. Oleskan di seputar mata krim khusus mata atau yang mengandung vitamin A, vitamin E dan asam glikolat, atau produk yang memiliki lifting effect (mengencangkan), untuk membantu menghilangkan kerut-kerut dan menghaluskan kulit di sekitar mata.
3. Mulailah Iatihan dengan menggerakkan mata ke arah bawah, tahan dalam 8—12 hitungan atau sekuatnya (karena sifatnya tidak memaksa). Lanjutkan dengan menggerakkan mata ke arah atas, ke kiri, dan kanan, masing-masing dengan hitungan yang sama.
4. Lanjutkan dengan menggerakkannya ke sisi kiri bawah (diagonal), kanan atas, kanan bawah, dari kiri atas.
5. Putar bola mata searah jarum jam dan sebaliknya secara perlahan.
6. Mata memandang ke satu titik tanpa berkedip, hingga terasa perih dan mengeluarkan air mata.
7. Gosok tangan hingga terasa panas, IaIu Ietakkan kedua tangan pada mata yang tertutup. Lakukan gerakan ini 3 kali.
8. Relaksasi. Rebahkan badan atau tetap duduk bersila. Tutup mata dan kosongkan pikiran sehingga tubuh benar-benar relaks.

WAJAH DAN MULUT

Yang perlu diperhatikan:
1. Jangan memaksakan gerakan karena dapat membuat cedera
2. Sebelum melakukan latihan ini, sebaiknya wajah dalam keadaan bersih(tanpa kosmetik).
3. Gunakan alas yang lembut (misalnya selimut) jika Anda berlatih di lantai
4. Sebaiknya lakukan latihan ini setiap pagi, pagi ataupun malam hari. Pada malam hari bias disertai penggunaan krim malam.
5. Setelah melakukan yoga untuk mata, Ianjutkan dengan yoga untuk wajah dan mulut. Jika waktu Anda terbatas, lakukan secara terpisah. Setiap langkah berdurasi 8 —12 hitungan.

Fungsi:
1. Melancarkan peredaran darah di seputar wajah dan leher.
2. Mengencangkan kulit wajah dan leher.
3. Masker membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati, sehingga kulit wajah dan leher bersih, lembut, lembap, dan segar.

Cara:
1. Jika Anda tidak melakukan senam mata, awali dengan penenangan. Jika sudah, lanjutkan dengan gerakan pertama yaitu membuka mulut selebar-lebarnya.
2. Tarik kedua sudut bibir hingga terlihat gigi.
3. Lanjutkan dengan membentuk bibir seperti huruf O.
4. Gerakkan bibir ke samping kanan, lalu kekiri.
5. Katupkan mulut sambil mengembungkan pipi hingga udara tertahan ke dalam mulut.
6. Bubuhkan masker wajah yang mengandung AHA dan sari tumbu-tumbuhan atau buah-buahan seperti apel, anggur, dan mangga. Pada leher gunakan masker yang mengandung kojic acid dan vitamin E.
7. Buatlah postur ikan, yaitu posisi tubuh setengah tidur, kedua siku menopang badan.
8. Kemudian dongakkan kepala sampai ubun-ubun atau bagian atas kepala menyentuh lantai.
9. Dalam posisi itu(nomor 8), bernafaslah normal sambil menyatukan kedua telapak tangan. Lakukan gerakan ini semampu Anda atau kurang lebih 2 menit. Gerakan ini berfungsi memudahkan penyerapan masker ke dalam kulit wajah dan leher.
10. Relaksasi (seperti petunjuk pada yoga untuk mata).

Posted in: Gymnastics