Yoga Untuk Penyembuhan

Posted on 10 February 2007

0


Mengusir penyakit sebenarnya hanyalah sebagian kecil dari manfaat yoga. Yoga bisa dikatakan menyatukan tubuh, pikiran, emosi, dan spirit (jiwa) agar semua bekerja harmonis. Yoga dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena bekerja langsung pada sistem hormonal dan kelenjar-kelenjar endokrin. Juga bisa menambah energi dalam tubuh dan pikiran. Postur-postur yoga berjumlah lima belas ribuan, dan setiap penyakit ada posturnya sendiri. Dalam latihan yoga yang terpenting pada saat tercapai posturnya bukan gerakannya.

POSE-POSE YOGA antara lain:

1. UTSEPA MUDRA
Tarik nafas dalam dan lipat kedua kaki tekankan pada dada dengan menggunakan tangan. Kemudian dengan kuat luruskan kaki sambil menghembuskan nafas. Ulangi 6-8 kali.
Latihan ini sangat baik untuk memperbaiki pencernaan. terutama bagi mereka yang sering sembelit. Jika latihan mudra ini secara teratur dan tiap hari akan menyembuhkan sembelit dan memperbaiki pencernaan.

2. YOGAMUDRA
Duduk sikap Bhojanasana (dengan kaki disilangkan). Kedua lengan ke belakang, pegang pergelangan tangan kiri dengan tangan kanan. Kemudian tundukkan dahi dan hidung ke lantai, sambil mengeluarkan nafas. Pertahankan sikap ini untuk delapan detik kemudian bangun, menarik nafas. Lakukan delapan kali (ini adalah pose yang paling baik untuk wanita, terutama yang mempunyai problem haid).

3. DIIRGHA PRANAMA – POSE HORMAT MENYEMBAH
Berlutut, tarik tangan ke atas dan telapak tangan bersatu, tempelkan dekat telingan. Kemudian menunduk kedepan dengan gerakan menyembah, sampai ujung hidung dan dahi menyentuh ke lantai. Pantat harus tetap menyentuh tumit. Sambil menunduk keluarkan nafas tahan selama delapan detik. Kemudian bangkit menarik nafas. Lakukan delapan kali (juga baik untuk wanita yang mempunyai problem haid)

4. BHUJAUNGASANA – POSE KOBRA
Berbaring telungkup. Titikkan berat badan pada telapak tangan, angkat dada, kepala di tarik kebelakang. Mata melihat keatas, sambil menarik nafas dan setelah diatas tahan nafas selama 8 detik. Turun pelan-pelan sambil menghembuskan nafas. Lakukan delapan kali. (ini adalah asana yang paling balk untuk wanita, terutama yang mempunyai masalah dengan kelenjar tiroid)

5. MATSYENDRASANA – POSE PUTARAN
Tekan Muladhara Cakra dengan tumit kiri. Silangkan kaki kiri ke paha kanan dan tahanlah. Pegang ibu jari kaki dengan tangan kanan clan tahan. Capailah bagian belakang dad sebelah kiri dengan tangan kiri dan menyentuh pusar (navel). Menengok ke kiri sejauh mungkin. Kemudian tekan Muladhara Cakra dengan tumit kiri dan lakukan proses sebaliknya. Ini merupakan satu putaran. Lakukan empat putaran dan setiap putaran lamanya setengah menit. (ini adalah pose yang paling baik untuk pria)

Posted in: Gymnastics