YM to Mobile

Posted on 22 February 2007

7


Bukan hal baru ketika online pada Yahoo!Messenger, diantara list ID, kita menemukan ID teman kita yang berstatuskan “I’m on SMS”.


Apa yang didapat dari status itu?
1. Teman tersebut tetap bisa menerima pesan dari teman2 yang online meski dia offline, karena pesan (instant message) akan diforward ke nomer ponsel dalam bentuk SMS
2. Segala tipe ponsel bisa menerima pesan yang dikirimkan
3. Teman tadi harus mereply pesan ke nomer yang diterima setelah pesan (SMS) keempat, bila ingin menerima pesan selanjutnya. Tarif yang berlaku adalah tariff international (Rp500, tergantung ketetapan masing2 operator)
4. Sistem akan mengirimkan informasi kepada dia, siapa aja teman2 yang online saat itu, tentu aja ID yang udah tercantum dalam friendlistnya.

REGISTRASI
Bila ingin menikmati layanan itu, syaratnya adalah:
– mempunyai akun Yahoo!
– mempunyai nomer yang bisa diregistrasikan, sementara hanya nomer2 dari Excelcomindo (Xplor, Bebas dan Jempol) dan Telkomsel (Halo dan Simpati)

Langkah registrasi:
1. login ke Yahoo!Messenger
2. pilih menu “Messenger” –> Sign in to Mobile Device
3. Register a Mobile Device –> isi field “Country” dan “Number” kemudian klik tombol “Continue”


4. Sistem akan mengirimkan kode ke nomer yang diregistrasikan. Masukkan kode itu untuk mengaktifkan layanan Mobile Messenger, kemudian klik tombol “Done”

GANTI NOMER
Bila suatu saat kita berkepentingan untuk berganti nomer ponsel, misalnya karena kehilangan ponsel maupun tidak sengaja nomernya udah melewati masa tenggang (hangus), maka bisa meregistrasikan nomer baru dengan cara menghapus nomer lama.

Bagaimana caranya?
1. pilih menu “Messenger” –> General –> Edit Mobile Device


2. kita masuk pada halaman “YAHOO!MOBILE”, klik “DELETE” (yang terdapat di sebelah kanan link “Messenger Phone”)


3. kita masuk pada halaman “DELETE THIS DEVICE”, klik tombol “Delete Device”


4. Untuk melakukan registrasi nomer baru, maka kita kembali ke Yahoo!Messenger dan melakukan langkah registrasi seperti di awal.

Selesai!

Posted in: Compunet