Sinetron atau Telenovela?

Posted on 19 March 2007

4


Tema postingan kali ini bukan berarti saya penggemar berat sinetron loh ya, melainkan saya melihat sendiri fenomena di sekitar saya. Ya cuman intermezzo aja gituh..🙂

Mungkin anda salah satu dari sekian penggemar berat telenovela, namun sekarang jarang banget cerita import tersebut tayang di tipi. Meski ada beberapa yang disiarkan ulang. Entah karena permintaan pemirsa maupun demi penghematan operasional dari stasiun tipi itu, akhirnya disiarkan ulang.

Telenovela disukai, terutama di Indonesia karena beberapa faktor al:
– Ceritanya telah dikenal dan tidak menyimpang jauh dengan cerita rakyat Indonesia, menyebabkan telenovela mudah akrab dengan pemirsa.
– Pemberian judul telenovela yang kebanyakan menggunakan nama tokohnya, misalnya Kasandra, Maria Cinta yang Hilang, dst. Hal ini mirip dengan cerita Indonesia misalnya roman Siti Nurbaya.
– Perwatakan tokoh hitam melawan putih, buruk melawan baik, pada cerita-cerita telenovela juga banyak ditemui dalam berbagai cerita rakyat Indonesia.
– Perubahan nasib tokoh yang berubah secara tiba-tiba, yakni dari menyenangkan menjadi sengsara atau sebaliknya ditemukan dalam telenovela maupun cerita rakyat.

Sebenarnya telenovela telah tertinggal jauh dibandingkan struktur cerita film dan sinetron. Sebab, struktur cerita gaya telenovela lebih banyak dijumpai pada film-film Indonesia jaman dulu…(saya aja blm lahir). Jadi, kalau akhir-akhir ini tayangan sinetron ikutan bergaya telenovela, itu artinya dunia pertelevisian Indonesia telah mengalami degradasi artistik (istilah itu pinjam para pakar pertelevisian).

Bagi penggemar berat tayangan sinetron yang kini sering berkumandang namanya, terutama dari stasiun swasta pertama di negeri ini, banyak sinetron yang berjudul seperti telenovela2 itu. Simak di bawah ini…

INTAN
Tayang: Setiap Hari, pukul 18.00 WIB
Intan (Naysilla Mirdad), seorang gadis yang lugu, baik dan sangat menyayangi Lastri, neneknya dari pihak ayah. Intan anak dari Kasih yang merupakan puteri dari sebuah keluarga kaya. Kasih jatuh cinta pada Fajar yang berasal dari keluarga miskin, Tapi hubungan mereka tidaka direstui kedua belah pihak. Intan Hamil. Lastri lalu meminta pertanggung jawaban Ello, teman dekat Intan. Awalnya Ello ragu, karena dia masih kuliah.. tapi akhirnya Ello memutuskan untuk menikahi Intan, walaupun Keluarga Ello menentang.. Setelah menikah Intan pindah kerumah Ello. Intan yang Lugu memulai kehidupan barunya dengan keluarga Ello.

MELODI
Tayang : Sabtu, pk. 19.00 wib
Melodi (Naysilla Mirdad), terlahir dari pasangan Arlo Indarta dan Viola Indarta mantan penyanyi terkenal. Sejak kecil Melodi sudah menunjukkan bakat menyanyi yang luar biasa. Banyak orang meramalkan Melodi akan menjadi penyanyi terkenal. Lima tahun berlalu. Tiba-tiba hidup mereka mulai terguncang. Bianca, mantan kekasih Arlo membuat rencana melakukan pembunuhan berencana terhadap Arlo, Viola, dan Melodi saat mereka sedang berlibur ke luar kota. Kecelakaan itu menewaskan Viola sementara Arlo selamat tetapi lumpuh. Melodi yang terpisah sendiri diketemukan oleh seorang petani yang membawa dan merawatnya. Sampai di rumah, Hesti menanyakan pada Melodi tentang asal usulnya. Sayang, Melodi mengalami trauma yang luar biasa karena dia harus menyaksikan kematian dua orangtuanya. Sejak saat itu pula Melodi kehilangan kemampuannya mengeluarkan suara. Hesti akhirnya mengangkat Melodi sebagai anaknya. Hesti menamainya Senandung.

WULAN
Tayang: Setiap Senin – Jumat Pukul 22.00 WIB
Wulan (Dhini Aminarti), yang sudah 9 tahun menjalin hubungan dengan Budi harus menghadapi kenyataan kehilangan cinta sejatinya tersebut. Hal ini berawal semenjak Budi naik pangkat menjadi asisten pribadi Direktris Perusahaan Grup Hotel ALAM KENCANA, ALINE yang masih muda dan cantik. Karena seringnya mereka menghabiskan waktu bersama Aline kemudian jatuh cinta pada Budi. Aline yang agresif dan tegas begitu saja memutuskan bahwa mereka berpacaran, tanpa memberikan kesempatan pada Budi untuk berpikir. Budi merasa terjebak dalam situasi, dimana ia juga punya ambisi untuk kelancaran karirnya, sedangkan disisi lain ia sudah terlalu dekat dengan keluarga Wulan. Budi yang sangat terobsesi dengan kekayaan melihat ini merupakan suatu kesempatan yang yang bagus. Sebagai anak pertama, Wulan harus menggantikan posisi Ayahnya yang telah meninggal dalam mengurus keluarganya.

OLIVIA
Tayang : Jumat, 23 Maret 2007, pk. 19.00 wib
Olivia (Velove Vexia), seorang gadis cantik, tomboy dan penuh percaya diri, sangat menyukai sepakbola. Olivia memiliki saudara kembar yang bernama Ruben. Betapa sakit hatinya Olivia ketika dia tahu kalau tim cewek sepakbola tidak masuk jadi tim inti. Olivia berusaha keras mencari cara untuk membalaskan sakit hatinya pada tim sepakbola sekolahnya. Olivia yang pusing mencari cara membalas sakit hatinya terusik dengan kehadiran ibunya yang memaksa Olivia untuk berkenalan dengan anak temannya. Olivia yang selalu menolak akhirnya bersedia bertemu dengan anak tante Nora, teman ibunya. Tak Cuma ibunya yang mengganggu kehidupan Olivia, Ruben pun meminta bantuan Olivia agar dia bisa pergi untuk mengikuti audisi band di luar negeri. Olivia pun tidak punya pilihan lain untuk membantu Ruben

NATASYA
Tayang : Setiap hari, Pukul 21.00 WIB
Cerita bernuansa agama dan cinta ini, mengambil kanker sebagai bahasan utama. Diderita oleh gadis 16 tahun yang cantik (Chelsea Olivia) yang harus kehilangan rambut (karena kemoterapi), penyusutan berat badan, pengelupasan kulit, dan penuaan lebih cepat. Yang menyedihkan, ia juga harus kehilangan keceriaan masa remajanya. Jika semua orang berterimakasih pada matahari, bagi Natasya sinar surya adalah musuhnya. Nyawanya terancam jika berada di bawah matahari. Perkenalannya dengan seorang cowok yang memberikan cinta sejati untuknya agar ia terus bertahan, membuat semangat hidupnya muncul lagi… namun, Tuhan berkehendak lain.

PUTRI yang Terbuang
Tayang : Setiap Kamis, Pk.19.00 WIB

Putri (Marshanda), anak ari pasangan keluarga kaya, yang ditukar dengan anak sopirnya lantaran keluarga itu berambisi ingin mempunyai anak laki. Oleh keluarga sopir itu bayi putrid dibuang di tong sampah di area lokalisasi. Bayi itu diselamatkan dan diasuh oleh salah seorang penghuni lokalisasi itu,Susan, dengan kasih sayang, sehingga putrid tumbuh menjadi gadis baik. Lambat laun diketahui bahwa orangtua kekasihnya, Raja, adalah orang tua kandungnya. Di sinilah cerita mulai menghangat.

Posted in: Intermezzo