MyPhoneExplorer, Koneksi SE ke PC

Posted on 23 March 2007

8



“Kenapa ya hape SE ku (Kxxx) ndak bisa pake aplikasi. cd ada, kabel datanya punya, keuhkeuh aja ndak bisa…” (23/03/2007)

SonyEricsson menyediakan perangkat yang lengkap untuk dihubungkan dengan peralatan lain termasuk komputer. Bisa dengan infrared, bluetooth, dan kabel USB (khusus dengan komputer). Ponsel berkabel-USB biasanya disertai CD software dalam kemasannya, namun ada kalanya agak ribet dalam penggunaanya. Untuk itu saya mau berbagi dalam hal koneksi ponsel merk SonyEricsson (punya saya K600i) dengan komputer, melalui kabel USB dan software MyPhoneExplorer. Menurut saya, metode ini cukup praktis serta tidak perlu membeli peralatan lain, dan siapatau bisa membantu masalah dalam memasukkan aplikasi🙂

Hal-hal yang perlu dipersiapkan:

– kabel USB
– CD SE misal K600
– Installer MyPhoneExplorer, bisa didownload di: http://www.fjsoft.at/ (versi 1.5.9)
– Windows XP SP 2

Langkah-langkah instalasi:

1. Hubungkan K600 ke komputer dengan kabel USB
2. Jika driver belum terinstall maka Windows akan menampilkan kotak dialog install driver. Ikuti langkah-langkah penginstalan driver seperti gambar dibawah ini:

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5

Mungkin Windows perlu menginstall beberapa driver untuk K608. Ulangi langkah seperti pada gambar 1 s.d. 5 sampai Windows memberi notifikasi pada Notification Area (systray) bahwa hardware telah selesai diinstal dan siap digunakan.

Gambar 6

3. Chek pada device manager, port-port yang dipakai oleh K600

Gambar 7

4. Jalankan installer MyPhoneExplorer, ikuti langkah-langkahnya. Setelah instalasi selesai, pada menu MyPhoneExplorer buka File –> Options, pilih Port yang dilabeli K600 USB-Port. Klik OK untuk menyimpan setting.

Gambar 8

5. Klik File –> Connect untuk memulai koneksi. Apabila telah berhasil tersambung, MyPhoneExplorer akan meminta kita memberi nama device tersebut. Berikan nama dan klik OK.

Gambar 9

6. Untuk pertama kalinya program akan melakukan sinkronisasi dengan telepon. Tunggu sampai proses selesai.

Gambar 10

7. Apabila komputer/program digunakan oleh beberapa orang, maka disarankan untuk memberi password pada device kita. Caranya klik Extras –> Change Password. Masukkan password, konfirmasikan dan klik OK.

Gambar 11

8. Selanjutnya kita bisa mengekplorasi isi telpon kita melalui navigator di sebelah kiri. Kita bisa memanage kontak, sms, organizer, file, dsb. Saya ambilkan contoh untuk kirim-terima file, klik navigator Files, akan ditampilkan folder-folder yang ada di K600.

Gambar 12

9. Perhatikan toolbar yang disediakan, mulai dari kiri adalah:
– tombol Refresh, berfungsi untuk memperbarui tampilan sesuai kondisi terkini,
– tombol Upward untuk menuju ke folder diatasnya,
– tombol Create new Folder untuk membuat folder baru,
– Delete untuk menghapus,
– Save Files untuk menyimpan file dari K600 ke komputer,
– Upload Files untuk mengirim file dari komputer ke K600,
– Upload Java Application untuk menginstall aplikasi java ke K600,
– View Folder untuk melihat folder tree,
– dan terakhir Browse local files untuk menuju pada lokasi chache file di komputer.
– Untuk mengirimkan file tinggal klik aja tombol Upload Files, pilih file yang akan dikirimkan, kemudian klik OK.

Gambar 13

10. Apabila kita telah selesai bermain-main dengan software ini, klik FILE –> DISCONNECT untuk memutuskan hubungan MyPhoneExplorer dengan ponsel, kemudian klik FILE –> EXIT untuk menutup program. Setelah itu kita bisa melepas kabel USB secara aman.

Jadi setiap kita mau mengedit/menambah koleksi lagu maupun aplikasi dalam ponsel, cukup menghubungkan ponsel dan komputer hanya memakai KABEL-USB dan MyPhoneExplorer.

Semoga bermanfaat😉

Posted in: Cellular