Jogging Yuk…!

Posted on 2 April 2007

6


Ternyata punya banyak teman memang ga mubazir. Termasuk punya teman dokter bisa periksa gratis. Salah satu manfaatnya seperti kisah saya di bawah ini. Mungkin ada teman blogger yang punya keluhan yang sama dengan saya, boleh ngikut. Yang ga sakit pun bisa melakukannya, dijamin makin sehat deh🙂

saya: saya sering sakit kepala… berat bgt rasanya, terasa di area mata, juga di kanan kiri dahi

dokter: sering hidung buntu? rutin olah raga pagi ndak?

(wah…pak dokter tebakannya kok cocok yak!!)

saya: iya, terutama kl kena dingin ato rangsangan lain misalnya debu, asap rokok, ato bau2 lain lagsg bersin. olahraga pagi sih ndak pernah lg, sbb brgkat pagi kerjanya, cuman kl sepulang kerja saya rutin senam

dokter: sebenarnya obatnya jogging pagi ato renang.. dari yang mbak ceritakan kayaknya sakit rinitis alergika (radang hidung coz alergi). tapi kalo sudah ketahuan benda apa yang bikin alergi… truz ada kemungkinan terapi desensitisasi… coba intensif joging ato tredmill…

saya: ttg kelopak mata yg hitam, kyknya saya kena deh… kirain krn saya anemia, sbb pas periksa kata dokternya kena anemia, tekanan darah juga cenderung rendah

dokter: itu karena pembuluh darah di sekitar kelopak mata sering tersumbat karena hidung buntu… pokoke rutin joging ga harus pagi.. biar pembuluh darah tidak tersumbat… OK!

saya: kl dikasih obat efeknya cuma sesaat ya pak..

dokter: iya paling sebangsa antihistamin mulai sebangsa CTM, hingga yang mahal sehari sekali sebangsa Incidal OD, Ryzen ato Telfas OD… kalo ga ya semprot hidung sebangsa nasonex… harganya bisa duaratusan ribu satu botol…

Meski periksanya jarak jauh, ga ada salahnya mencoba terapi dari pak dokter yang baik hati ini. Sejak kerja dan masuk kerja pagi, memang saya ga bisa lari pagi seperti yang rutin saya lakukan. Satu2nya yang longgar ya hari minggu. Padahal biasanya saya pake untuk bermalas2an setelah subuh. Yup, harus disiplin lagi nih olahraganya, selain aerobic sore…jogging minggu pagi lumayan bikin gobyoss seperti saran pak dokter, hehehe..

Beruntung rumah saya dekat kampus PTN di malang, Unibraw. Jadi ga perlu jogging sampe kemana2, cukup mengelilingi kampus ato mengitari lapangan halaman rektorat 3x bisa menguras keringat. Mungkin bagi orang lain putaran ini belum apa2, tapi bagi sayah cukup ngos2an. Semoga gejala sakit kepala saya ga sering kambuh, dan makin sehat…

Rektorat UB dengan lapangannya yang luas

Sebenarnya saya pernah periksa ke dokter rumah sakit dan dirujuk untuk melakukan tes alergi, namun karena tes itu menggunakan jarum yang katanya ditusuk2 di permukaan kulit (tangan), hmm…keder, ga nerusin tes deh, cuman ambil resep doank. Sejak saya mulai turin olahraga senam, lambat laun keluhan alergi berkurang. Cuman akhir2 ini aja sering ngeluh sakit kepala. Apa kurang gizi ya… abis tekanan darah saya cenderung rendah, kan biasanya isilah kurang gizi ditujukan bagi orang yang tekanan darahnya rendah, trus disarankan makan yang enak2 kayak sate, daging2an gitu. Saya emang kurang suka daging sih… ada hubungannya ga yah😛

Dari literatur mengenai jogging, jogging secara teratur memberikan manfaat bagus buat kondisi fisik dan kesehatan lainnya. Jogging juga memberikan kesenangan secara fisik dan mental. Jogging memberikan keuntungan tetap bagi keseluruhan kesehatan setelah dilakukan.

Efek-efek dari jogging adalah:
1. membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan;
2. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan;
3. Menetralkan depresi;
4. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif;
5. Jogging membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan;
6. Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, jogging membantu Anda memperbaikinya;
7. Jogging mengencangkan otot kaki, paha dan punggung;
8. Membuat tidur lebih nyenyak.

Emang bener deh, pencegahan lebih baik daripada pengobatan… Jogging yuk..!

Posted in: Health