Top Domain

Posted on 23 June 2007

3


Nomor: 01/SK/BLOGLADYELEN/VI/2007

Tentang :
MIGRASI DOMAIN

Menimbang :
PANDI (Pengelola Nama DOmain Internet Indonesia) akan mulai beroperasi tanggal 1 Juli 2007. PANDI adalah lembaga nirlaba yang mengelola nama domain internet di Indonesia nantinya (*.id). Per 1 Juli PANDI akan menerima limpahan tugas dari Depkominfo yang selama ini mengelola domain .id sejak Agustus 2005. Bila dalam pengelolaan sementara oleh Depkominfo pemakai nama domain tidak dikenakan biaya, maka mulai 1 Juli 2007, semua pendaftaran nama domain baru akan kembali dikenakan biaya untuk menggunakan nama domain selama 1 Tahun! Biaya untuk .co.id mungkin akan lebih mahal daripada domain non komersial seperti web.id, or.id. Bagi yang sudah memiliki domain, ada batas akhir daftar ulang yaitu untuk .web.id dan .co.id sampai 31 Agustur 2007, untuk .sch, .or dan .ac batas sampai 31 september 2007. Sedangkan untuk .go.id dan .mil.id batasnya sampai 28 Februari 2007.

Mengingat :
Blog top domain itu kurang dianjurkan/kurang positif apabila :

  • Sekedar buat keren-kerenan (ini alasan paling bodoh).
  • Anda ingin fokus pada content (isi) blog, bukan pada tampilan.
  • Anda kurang menguasai tetek bengek wordpress dan plugins-nya (software blog yg paling banyak dipakai blog top domain).
  • Anda ingin tulisan refleksi Anda abadi, tidak hanya selama Anda hidup, tapi juga dibaca anak cucu Anda kelak. Keinginan ini sulit dg blog top domain yg pembayarannya mesti diperbarui terus-menerus. Nah, kalau Anda sudah meninggal, siapa yg akan ngurus?
  • Anda tidak senang buang waktu dan energi untuk otak atik blog dan html/javascript.
  • Anda bukan seorang pelajar IT (informatika), jadi bila berstatus pelajar IT blog top domain dipakai sebagai semacam laboratiorium (lab) untuk praktek keilmuan yg digeluti.
  • Blog Anda personal, bukan komersil.

    Memutuskan :
    Blog ini tidak jadi migrasi ke http://www.ladyelen.web.id dan tetap menggunakan domain asli dari Blogger, yakni http://www.ladyelen.blogspot.com. Bagi yang ingin lebih singkat bisa menggunakan http://www.ladyelen.co.nr.

    (Sebenarnya proses migrasi sudah mendekati final akan menggunakan domain http://www.ladyelen.web.id dengan sistem redirect dari http://www.ladyelen.blogspot.com. Sistem ini dimaksudkan supaya tidak menelantarkan arsip sebelumnya. Namun dengan pertimbangan di atas dan saya belum tentu bisa mengakses internet selamanya, maka migrasi dibatalkan.)

    Ditetapkan: Hari ini, Di Malang
    an. Pemilik Blog

  • Posted in: Weblog