Murah Itu Murahan?

Posted on 5 July 2007

15


Pernah liat iklan paket bundling FREN dengan ponsel ZTE C169?

Saat melihat iklan itu sebagian orang akan kagum dan tertarik untuk membeli. Hape CDMA 300an ribu? RUIM lagi… Murah gitu loh..!! Udah gitu bentuknya yg imut dan manis cukup membuat orang rela menjual hape lamanya kemudian ganti dengan yg baru. Mirip dengan yang saya alami. Namun saya dengan agak berat hati menjual hape CDMA lama saya, sebab selama pemakaian ga pernah menunjukkan kerewelan, hanya batrenya yang minta adek, maklum lah udah tua umurnya, lagian sistem CDMA emang aktif pada hapenya.

Sebenarnya sebelum membeli ZTE C169 pernah terlintas pertanyaan, apakah harga murah itu sebanding dengan mutunya? Namun godaan memiliki hape baru lebih kuat daripada mencari info sebanyak2nya tentang hape itu. Pertanyaan itu terjawab sudah.. apa sajakah pengalaman saya?

1. sinyal ZTE cenderung lemah, bahkan no signal. Saat dalam panggilan tau2 ‘call lost’ alias terputus bin tulalit. Gemes kan…

2. batre cepet aus, infonya sih batre hape baru akan mencapai tingkat optimal setelah 3x proses pengisian. Namun tidak untuk ZTE, setiap 1,5 hari harus dah ngecezz…

Gejala di atas adalah dalam kondisi pemakaian (tempat/lokasi, durasi, kartu, dll) sama dengan saat menggunakan hape lama saya (nokia). Sengaja hanya 2 poin yang saya sebutkan karena itu hal paling penting untuk standard sebuah ponsel baru. Kalopun ada poin lain tentunya harus menyesuaikan dengan harga ponsel, misalnya fitur2nya. Saya ga mempermasalahkan fitur, karena menyadari bahwa ponsel murah tentu aja fiturnya juga minim.

Maka terjawab pula keheranan saya ketika melihat ZTE C169 bekas terpajang di etalase2 konter. Waktu itu saya berpikir kok hape baru udah dijual lagi? Kemungkinan pemiliknya udah ga tahan memelihara lama2, akhirnya berani menjual ke konter dengan harga jatuh (sebab ada merk tertentu yag bila bekas masih terjual mahal, misalnya nokia), apalagi ponsel CDMA bila dijual bekas jatuh banget harganya dibanding ponsel GSM. Jadi, bagi yang ingin membeli ponsel murah, jangan mudah tergiur dulu ya… cari info sebanyak2nya supaya ga nyesel di kemudian hari.

Gimana dengan temen2, apakah pernah mengalami hal yang sama?

Posted in: Cellular