Lunar Eclipse

Posted on 25 August 2007

6


Fase gerhana bulan

Pastinya udah banyak yang mendengar berita ini, tentang fenomena gerhana bulan total yang diperkirakan 28 Agustus mendatang. Sengaja ikut mem-forward, sekalian ngingetin supaya bisa menyaksikan fenomena alam ini

Kabarnya gerhana bulan kali ini total, di mana seluruh permukaan bulan masuk ke bayang-bayang bumi. Waktunya mulai pukul 18.30 WIB, yang bisa dilihat dengan mata telanjang tanpa alat bantu. Sehingga siapapun bisa menyaksikan detik-detik terjadinya gerhana itu asalkan cuaca cerah. Kebetulan saat ini kemarau dan sebagian cuaca cerah sehingga kans untuk bisa melihat fenomena alam itu sangat besar.

Fenomena gerhana bulan total yang akan terjadi pada akhir Agustus 2007 itu merupakan yang kedua kalinya yang bisa disaksikan masyarakat di Indonesia. Peristiwa pertama terjadi pada awal 2007 lalu yang terhalang cuaca mendung karena terjadi pada musim penghujan. Jadi untuk bisa melihat proses dari awal hingga akhir gerhana bulan pada 28 Agustus 2007 sangat memungkinkan. Bagi masyarakat yang ingin mengabadikan kejadian alam itu bisa dilakukan dengan menggunakan kamera SLR.

Gerhana bulan ini fenomena selalu terjadi setiap tahunnya, bergantung posisi dan kedudukan matahari, bumi dan bulan. Fenomena gerhana bulan total yaitu ketika kedudukan matahari, bumi, dan bulan dalam posisi sejajar atau 180 derajat. Sehingga posisi bulan berada pada bayang-bayang bumi.


Jadi teringat masa kecil dulu… saat peristiwa gerhana matahari (matahari lho, bukan bulan ) harus berdiam di rumah, jendela harus tertutup rapat, ga boleh melihat ke langit… kalo engga gitu katanya mata bisa jadi buta

*adaptasi dari antara*

Posted in: Intermezzo