Export Import In WordPress

Posted on 31 August 2007

8


Fenomena hiatus sudah biasa kita temui di kancah per-blog-an, demikian juga fenomena mengganti domain dengan yang lebih keren. Namun secara ga langsung saya mengamati fenomena baru yaitu jenuh/bosan terhadap media blog yang dipakai dan beralih membuka akun baru di tempat lain, misalnya dari Bl*gger ke W*rdpress. Rasanya sayang bila data yang ada di blog sebelumnya sekiranya yang masih dibutuhkan ditelantarkan. Kenapa ga dikopi aja ke blog yang baru secara sekaligus? Memang bisa ya?

Fenomena lain adalah PHB (Pemutusan Hubungan Blog) secara sepihak oleh media yang selama ini dijadikan tempat menorehkan tinta dengan disertai menghilangkan data yang ada. Meski blog ini bukan blog istimewa, namun bila suatu saat terjadi apa2 seperti halnya peristiwa lalu akan sedih juga kan? * jadi paranoid nih *

Maka dari itu saat senggang saya coba mengamankan arsip yang ada di Blog*spot dengan cara import ke WordPress. Jadi bila tak dinyana musibah itu menimpa blog ini (semoga tidak), maka saya masih mempunyai kopian yang tersimpan di WordPress tanpa kurang sedikitpun. Artinya semua yang ada di sini, semua postingan, komentar, dan gambar disimpan wordpress-ku dengan sekaligus, ga perlu manual satu2. Trus, gimana bila di wordpress juga bisa bermasalah seperti halnya di blogger? Itu juga bisa diantisipasi kok, dengan cara export (backup) data ke PC, yang suatu saat bisa kita upload lagi.

Nah, bagi yang belum tau mungkin bisa mencobanya. Ga ada salahnya dari sekarang sedia payung sebelum hujan

Import dari Blogger

  • login ke akun WP, Manage, Import, Pilih Blogger dan ikuti step2nya

Export

  • login ke akun WP, Manage, Export dan ikuti step2nya
  • nama File yang tersimpan di PC menyesuaikan waktu saat kita melakukan eksport, bentuknya berekstensi .xml (misal: wordpress.2007-08-31.xml)


Import dari PC

  • login ke akun WP, Manage, Import, Pilih WordPress dan ikuti step2nya

Dipersilakan bila ada yang mau nambahin

Posted in: Weblog