Free SMS via PC with XL Instant Messenger

Posted on 3 November 2007

21


Selama ini banyak yang sudah mengenal free sms dari internet melalui situs2 produk Indosat, yakni mentari, IM3, dan star one. Namun dari website CDMA Indosat tersebut lady mendapatkan informasi bahwa produk2 tersebut tidak lama lagi hanya akan menggunakan satu domain yakni http://www.indosat.com. Kira2 masih bisa free sms lagi engga ya?

Nah, kabar baik bagi pelanggan Excelcomindo (XL). Beberapa hari yang lalu lady mendapat sms dari nomer layanan XL (818), yang memberikan informasi tentang adanya fitur free sms via PC ke ponsel, namanya XL Instant Messenger (XL_IM).

Namun baru sempat mencoba kemaren, dan sukses

Ternyata cara kerjanya mirip dengan YM to Mobile, bedanya kalo menggunakan YM, bila ingin bisa menerima pesan dari teman yang OL, sebelum sign out kita harus harus sign in ke nomer HP yang terdaftar di YM. Syarat untuk bisa menerima pesan selanjutnya, kita harus mereply setelah pesan keempat diterima.

Pada XL Instant Messenger, nomer2 yang akan di-sms dari PC haruslah udah terdaftar (via sms). XL Instant Messenger ini bisa untuk mengirim pesan ke ponsel ke berbagai negara, termasuk Filipina, AS, UK, Jepang, India, Guam, Saipan atau Thailand, tanpa biaya! Penerima pesan dapat langsung membalasnya ke PC tanpa harus men-download apapun. Sementara ujicoba saya hanya bisa sms ke nomer XL doang

Cara menggunakan XL Instant Messenger di ponsel

Untuk mendaftar “unified account” dengan menggunakan ponsel:
Untuk pengguna XL: Kirim REG ke 2828
Contoh: REG Elen

Membalas pesan XL Instant Messenger

Tidak perlu mengingat short code atau keyword apapun untuk membalas pesan XL Instant Messenger yang diterima di ponsel. Langsung membalas pesan yang diterima seperti membalas pesan SMS.

Mengirim Pesan

GRATIS kirim SMS dari PC, tetapi hanya untuk 20 SMS. Untuk menambah “SMS credits”, teman harus membalas ke XL IM kita, setidaknya 1 kali. Ini merupakan fitur antispam. Meski ternyata limited, lumayan lah 20 sms Dikenakan tarif VAS yang sama (Rp 500/SMS) untuk pengiriman pesan ke XL Instant Messenger dari ponsel. Gpp deh, teman berkorban 500 perak buat reply, kan selanjutnya free Oya, selama promosi (s.d 30 Nopember 2007) reply ke PC adalah GRATIS.

Pengguna PC dan ponsel

1. Download XL IM di sini.
2. Login dengan menggunakan nomer ponsel dan password, maka teman2 akan menerima pesan seolah-olah dikirim dari ponsel.
Tidak ada pesan yang terlewat. Terus menerima pesan di manapun berada bahkan saat jauh dari PC. Dengan unified account, XL IM akan menjadi pelengkap untuk handphone.

Pengguna PC

Untuk membuat PC account, kunjungi registration.

1. Setelah download dan menginstall XL IM, Buatlah XL IM ID, undang semua teman pengguna PC dan ponsel, dan mulailah berkirim pesan.
2. Pesan pertama yang diterima ponsel merupakan langkah awal untuk membuat numberlist seperti halnya friendlist pada YM. Nomer yang akan di-sms haruslah udah terdaftar (dari ponsel)

Numberlist bisa diganti nama sesuai selera

Inilah hasil (sementara) list yang sudah jadi.

Menerima Pesan

– Dari PC ke Ponsel

Di Indonesia, menerima pesan dari XL Instant Messenger di ponsel adalah gratis!

ID pengirim sama dengan nama (nmr) yang tertera di phonebook

lihatlah nomer pengirim, prefiknya berubah menjadi 2828 yang merupakan angka contact center layanan XL IM

– Dari PC ke PC (update: 06/11/2007)

Mirip chatting dengan menggunakan Gtalk.

catatan:
– harap tdk heran dgn ‘sebutan2’ di ponsel maupun numberlist di atas, karena artikel ini hasil ujicoba ke nomer suami

adaptasi dari: http://www.xl.co.id/xl_im

Posted in: Cellular, Compunet