Yogurt

Posted on 11 December 2007

9


Si Asam Menyehatkan

Suatu ketika usai mengikuti kelas aerobik, lady tertarik pada kerumunan para member di pojok ruang ganti. Ada apa sih kok seperti pasar aja ramenya Oalaah… bener, ada salah seorang member yang sedang presentasi alias pidato seperti gaya sales. Hihihi… memang seorang penjual harus pinter omong bila pengen laris dagangannya

Lady mencari tau apa sih yang dijual? Ternyata yogurt yang dikemas dalam botol (seperti botol bekas saus, tentu aja udah dibersihin, malah disterilisasi katanya). Karena harganya yang murah Rp5000/botol jadi ikut2an beli

Terus terang, lady belum pernah ngerasain yogurt murni. Paling2 susu fermentasi seperti yakult ato vitacharm aja. Kalo merk calpico itu kan ada perasa buahnya, jadi masih ‘menyenangkan’ Nah, yang lady beli ini benar2 murni yogurt… kecut ga ketulungan! Minum dikit aja dah merinding… Karena ga kuat asam, akhirnya tuh yogurt lady berikan ke teman. Dasar ndesit

Kebawa promosi penjual yogurt tadi, Lady jadi pengen tau lebih banyak about yogurt. Wiih… ternyata oke juga khasiat yang namanya yogurt ini. Dari literatur yang lady dapatkan, hampir semuanya dijabarkan secara detil berdasarkan penelitian ilmiah. Lebih lanjut, di bawah ini ringkasan seputar yogurt. Keren pokoke..

Manfaat

1. Mempunyai tiga strain “bakteri baik” yang terdapat dalam yogurt, yakni Lactobacillus, L.bulgaricus dan streptococcus thermophilus yang besinergi di dalam pencernaan untuk mencegah diare.
2. Makanan rendah kalori akan dapat membantu menghilangkan lemak perut, sehingga menurunkan berat badan
3. Menjaga berat otot dua kali lipat lebih efektif.
4. Meningkatkan kekebalan tubuh guna menangkal penyakit kanker dan infeksi sekitar saluran pencernaan
5. Berperan sebagai pelindung yang bersifat anti infeksi.
6. Menjadi salah satu alternatif sumber kalsium lainnya di samping susu, terutama untuk orang-orang yang alergi terhadap laktosa yang terkandung di dalam susu. Bakteri aktif yang terkandung dalam yogurt dapat membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi jamur pada organ wanita.
7. Mengobati sakit maag, karena asam yang terbentuk dalam yoghurt adalah asam laktat yang malah berfungsi untuk menutupi luka yang ada di dinding lambung
8. Mencegah Osteoporosis, yang dengan dicirikan rendahnya massa tulang dan terjadi kemunduran structural jaringan tulang yang menyebabkan tulang rapuh.
9. Menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), mengatasi keputihan dan infeksi jamur
10. Penangkal Nafas Tak Sedap. yogurt dapat menurunkan kadar komponen penyebab bau mulut, seperti hidrogen sulfida, dalam mulut.
11. Penghilang noda hitam dan anti kerut kulit di wajah dengan menjadikan yogurt sebagai masker
12. Memperkuat jantung

Memilih Yogurt

Yogurt memang kaya manfaat. Agar manfaat itu bisa diperoleh, maka perlu tahu cara memilih yogurt:

1. Pilihlah yogurt yang tak mengandung gula dan rendah lemak yang terbuat dari susu sapi.
2. Pastikan yogurt yang dibeli memilih merek dengan label yang menerangkan bahwa produk tersebut mengandung kultur aktif yang masih hidup. Soalnya, yogurt yang mengandung kultur aktif akan langsung aktif memecah laktosa menjadi asam laktat.
3. Hindari mengonsumsi yogurt yang sudah dibekukan. Soalnya, terlalu sedikit bakteri yang masih berfungsi, sehingga manfaatnya sudah sangat berkurang.
4. Jika membuat yogurt di rumah, sebaiknya menggunakan susu sapi ketimbang susu kerbau. Karena, susu kerbau sangat tinggi lemaknya.
5. Jika ingin memberi rasa buah-buahan pada yogurt, pilihlah buah-buahan yang tepat. Contohnya, rasa strawbery lebih bagus ketimbang rasa mangga. Sebab, mangga lebih banyak mengandung kalori.

Pembuatan

Yogurt dapat dibeli di toko-toko serba ada, terutama produk impor yang rasanya sangat variatif, namun harganya agak menipiskan kantong bila jika harus mengkonsumsi tiap hari. Gimana dengan buatan sendiri?

Berikut cara membuat yogurt sendiri yang dapat dengan mudah dipraktekkan di rumah:

Bahan:

  • 1 liter susu (jenis susu murni biasa dapat digunakan, maupun yang dijual dalam kemasan)
  • 200 ml yogurt plain, tanpa rasa (dapat dibeli di toko-toko serba ada)

Cara Membuat:

  • Panaskan susu hingga suhunya mencapai hangat-hangat kuku, lalu angkat
  • Diamkan agar susu mencapai suhu ruang.
  • Lalu campurkan yogurt plain ke dalam susu yang telah mencapai suhu ruang.
  • Aduk rata, lalu kemas dalam dalam wadah tertutup.
  • Letakkan wadah di tempat yang paling hangat di rumah Anda. Jika cuaca tidak memungkinkan, bungkus wadah dengan handuk atau selimut tebal
  • Diamkan selama 4 jam – 8 jam. (semakin lama rasa yogurt akan menjadi semakin asam – sesuaikan dengan selera keluarga)
  • Kemudian simpan yogurt dalam kulkas, dan siap disantap

Penyajian

– bagi yang suka/terbiasa rasa asam bisa langsung diminum
– bagi yang ga suka asam, penyajian bisa dipake sebagai fla/topping di atas irisan buah yang manis seperti melon, pepaya, pisang dsb.

Hmm jadi pengen nih…

Posted in: Health