Message Storer for Java

Posted on 21 February 2008

11


Bila mempunyai HP yang terdapat fitur menyalin pesan (sms) ke PC amat disayangkan kalo tidak dimanfaatkan. Dulu saya pernah menulis bagaimana mengarsip sms pada hp symbian yang mana saat itu menggunakan device N6600 (calimero). Nah sedangkan saya juga menggunakan hp berbasis java yakni K600 (mirei). Apakah sms pada K600 saya buang bila memori HP tidak mencukupi? Tentu saja tidak, saya selalu menyimpannya tiap akhir bulan

Hmm… kedengarannya sepele ya? Bagi saya sms itu amat penting. Apalagi setelah peristiwa yang menimpa mirei itu saya sempat kehilangan nomer2 pada phonebook, dan arsip sms yang nomer pengirimnya belum sempat saya simpan di phonebook HP maupun simcard. Alhamdulillah sebelumnya saya telah menyalin seluruh sms, sehingga saat membutuhkan nomer/pesan dari sms itu segera teratasi.

Bagaimana proses penyimpanan arsip sms pada ponsel java? Saya menggunakan MyPhoneExplorer untuk mengkoneksikan HP ke PC.

Langkahnya sebagai berikut:

1. setelah MyPhoneExplorer terinstal di PC, langsung aja koneksikan HP dengan PC, kemudian buka menu Messages seperti gambar dibawah ini:

2. sorot (blok) pesan2 yang akan disalin/disimpan kemudian klik kanan dan pilih export/import -> export selected messages. Untuk penyimpanan file ke PC pilih type textfiles (*.txt) kemudian save.

Setelah itu buka file hasil penyimpanan tadi, di sana terpampang dengan jelas atribut smsnya: sender (nama) dan nomer pengirim, waktu pengiriman (tanggal dan jam) serta isi pesan. Langkah di atas berlaku juga untuk menyimpan pesan dalam sent item maupun draft. Jadi kita mempunyai arsip pesan yang masuk, keluar, maupun yang belum terkirim (draft).

Nah, mulai sekarang arsipkan sms anda!

Posted in: Cellular, Compunet