New Webmail from Yahoo!

Posted on 21 June 2008

7


Memiliki email dengan nama yang singkat dan match dengan nama atau nick kita tentu merupakan kepuasan dan kebanggaan. Apalagi jika berada di webmail yang mapan semisal Yahoo, Google, maupun Hotmail.

Kini Yahoo menawarkan 2 webmail gratisan yakni: @ymail.com dan @rocketmail.com. Keduanya mempunyai fitur yang sama dengan domain @yahoo.com, bahkan support pop3 dan smtp sehingga bisa diunduh dari email client semisal Outlook Express, Thunderbird, Profimail (symbian email client), dst.


Untuk mendapatkan account @ymail.com maupun @rocketmail.com, kita bisa memulai dengan membuka halaman: mail.yahoo.co.id, kemudian masuk ke link Daftar. Form registrasi sangat simpel, yang perlu diperhatikan adalah kita harus menentukan salah satu dari 3 pilihan domain di belakang username kita, yakni: @yahoo.co.id, @ymail.com, @rocketmail.com.

Oke, setelah proses registrasi selesai kita akan dibawa ke “Welcome Page” dan selanjutnya disuruh memilih tampilan, apakah model Yahoo Beta atau classic. Beginilah screenshot tampilah ymail classic, persis seperti @yahoo.com:

Beberapa fitur yang sempat saya coba adalah pop3, yahoo messenger, yahoogroups, semua berfungsi dengan baik, sama persis seperti pada domain @yahoo.com.

Yang perlu diingat bahwa ymail.com dan rocketmail.com (sementara ini) adalah murni email, bukan yahoo profile. Jadi kalau akan sign in ke layanan yahoo (email, messenger, group, etc), harus menuliskan alamat yang lengkap seperti: emailku@ymail.com. Bahkan untuk mengakses web yahoogroups kita harus terlebih dahulu membikin yahoo profile.

Untuk settingan pop3 dan smtp pada ymail.com dan rocketmail.com, secara singkat sebagai berikut:
pop3: pop.mail.yahoo.co.id port: 995 with ssl
smtp: smtp.mail.yahoo.co.id port: 465 with ssl and authentication
(sama dengan settingan pada yahoo.co.id)

username: emailku@ymail.com/emailku@rocketmail.com <— ditulis komplit
password: passwordku

Meskipun pada panduan ditulis harus menggunakan koneksi ssl, tapi ternyata bisa menggunakan koneksi pop3 standart, port 110.

So, ayoo buruan daftar mumpung masih anget. Siapa tahu bisa bikin email bambang@ymail.com, ahmad@ymail.com, budi@rocketmail.com, dst

Posted in: Compunet