Sumpit

Posted on 7 July 2008

17


Awalnya saya ga terlalu maniak dengan yang namanya sumpit, dua batang stik yang terbuat dari kayu, gading ataupun plastik. Piranti makan ala jepang or mandarin itu tidak pernah masuk dalam angan saya bila menikmati mie ayam, pangsit, juga mie instan di rumah.

Sampai akhirnya saya sering melihat teman di malang dulu yang sering makan pake sumpit, entah itu lagi makan nasi pecel, rames, dan menu lainnya. Saya menganggap dia aneh. Kok ya bikin susah diri sendiri. Pake sendok kan beres, kalopun butuh garpu juga enak makannya. Ternyata anggapan saya tidak sepenuhnya benar. Teman saya itu menikmatinya dengan syahdu, dia emang penggila segala sesuatu yang berhubungan dengan jepun

Saat bersama teman2 jajan mie pangsit yang di sana tersedia sumpit, saya jadi pengen mencoba gimana rasanya pake sumpit. Apa yang terjadi? Bukannya masuk mulut, mie malah berantakan, mungsrat-mungsrut kesana-kemari. Tangan saya jadi belepotan kuah. Ahh… susyaah! Back to sendok-garpu deh. Tapi saya masih menyimpan penasaran. Setiap ada kesempatan mencoba lagi, mencoba lagi. Udah berumur gini belum pinter juga pake sumpit. Dasar kanung!

Sekarang di solo rasa penasaran itu kembali menggelora (halah!). Secara solo rame dengan jajanan. Kalo ke solo silakan mampir ke stadion manahan, bahkan pernah tayang di tipi lho menjadi tempat kuliner pak bondan maknyus. Ada juga di kampus UNS kentingan, di depan pintu masuk kampus saat minggu pagi menjadi ajang bazar makanan. Yang paling ramai adalah mie ayam dan bakso, itulah juga yang menjadi pilihan jajan kami sehingga ketemu lagi dengan yang namanya sumpit

Beberapa hari lalu ada kesempatan jalan2 ke Luwes Lojiwetan, eh ga sengaja melihat sumpit di jajaran perlengkapan makan. Wah kemaren2 kok ga kebayang untuk beli sendiri aja ya? Kan bisa sekalian belajar dipake di rumah. Akhirnya beli beberapa pasang. Kini lagi kemaruk dengan sumpit, makan apa2 pake sumpit. Sekalian menyediakan buat teman yang kebetulan main ke rumah, mereka suka dengan menu yang saya sajikan, yakni mie instan dengan sayur dan topping bakso. Mudah, murah, meriah..

Posted in: Lady