Siapa Tarif SMS Prabayar Termahal?

Posted on 16 July 2008

27


Sejak pemerintah mengeluarkan fatwa penurunan tarif seluler, para operator seluler di tanah air berlomba2 menelorkan tarif promosi murahnya. Tentu aja hal ini disambut dengan sangat gembira oleh para pelanggan. Di saat harga2 melambung, justru angin segar berhembus kepada para mobiler dengan memberikan penurunan tarif seluler. Selain penurunan tarif panggilan dan sms, tarif gprs juga memberikan gebyar tersendiri bagi para netter yang sering menggunakan media hp, terutama blogger

Namanya tarif promosi di samping ada kelebihan tentu ada kekurangan. Kekurangannya antara lain yang pernah saya alami dari beberapa operator seluler, tarif promosi menjerat konsumen dengan syarat2 yang membingungkan, jaringan sibuk, sms tidak langsung sampai tujuan, masa berlaku yang singkat, dll. Hingga saat ini, tarif promosi masih berkutat pada tarif panggilan. Bahkan memberlakukan free saat outpeak. Untuk tarif sms, beberapa operator sudah menurunkan tarifnya.

Saat tulisan ini diposting, perbandingan tarif sms operator Indonesia produk prabayar dengan tarif reguler (pulsa reguler), tidak pakai registrasi dan semacamnya adalah sebagai berikut:

Produk: Sesama OP — Lain OP
XL Bebas 350 350
XL Jempol 299 99
Simpati 100 150
AS 88 149
Mentari 99 99
IM3 100/1* 100
3 free free 100 pertama kmd 100
Axis 60 60
Fren 1 free 5 sms 1 free 5 sms

*pukul 00-05 = Rp 1,-

Produk yang berlisensi fixed wireless boleh juga kita sajikan untuk sekedar penampakan:

Produk: Sesama OP — Lain OP
Flexi 100 350
StarOne 25/100* 150
Esia 1/karakter 1/karakter

* ke sesama starone = 25, ke produk indosat lain = 100

Saya terkecoh dengan tarif yang ada di web xl, yakni tercantum tarif sms Rp 150. Baru aja saya sms teman, kenyataannya masih Rp 350, ke sesama xl lagi

Ssstt… gara2 perbedaan tarif sms yang sangat signifikan tersebut memaksa saya beralih ke operator lain. Secara nomer ini sudah melanglangbuana, jadi masih saya pelihara meski jarang saya kasih makan. Makanya jangan pelit2 dong excelcomindo! Terutama fitur2 penting seperti:

– GPRS. Tarifnya yang selisihnya besar banget dibanding lainnya, Rp. 10/kB (operator lain sudah Rp 1, Rp 0,1, bahkan gratis)

– Call Barring. Prabayarnya tidak bisa call barring. Hanya XPLOR yang bisa, itupun tidak free. Padahal produk operator lain (IM3, mentari, Axis) sudah free dan bisa sewaktu-waktu diaktifkan maupun dinonaktifkan.

Enyah sampai kapan operator seluler langganan saya ini akan mempertahankan tarif termurahnya termahalnya untuk sms… EGP lah, kan dah ke lain hati

UPDATE :
Alhmdulillah, Mulai 28 Nopember 2008, tarif SMS XL menjadi Rp 150/sms untuk tarif nelpon semaumu dan nelpon sampe puas. Keterangan lebih lanjut di sini.

Posted in: Cellular, Complaint