Batik RRC

Posted on 11 September 2008

28


Batik memang sedang booming di era kini. Dulu pemakaian batik hanya pada kondangan pernikahan maupun momen resmi lainnya. Sekarang di mana2 banyak ditemui orang memakai batik dengan berbagai model, entah itu di mall, jalan, pasar, kampus, dsb.

Saking bonafidnya batik Indonesia sampe2 ada negara lain yang mengakuisisi bahwa asal mula batik berasal dari negaranya. Kabarnya sekarang ada negara lain yang memproduksi batik sekaligus memasarkan di wilayah Indonesia, yakni batik RRC. Batik dari China ini diakui penjual batik terbuat dari bahan yang enak dipake serta harganya lebih murah daripada batik buatan negeri sendiri

Saya sendiri belum pernah memakai baju batik RRC . Dari bentuknya yang terpampang di tipi, modelnya tidak beda jauh dengan buatan lokal (seperti gambar di atas) hanya saja motifnya mengikuti cirikhas tionghoa yakni gambar naga, barongsai animasi, model krah china, dsb.

Waah, gimana dengan produsen batik lokal? Tentu saja mereka menyayangkan ramainya pasar batik RRC, terutama pengrajin batik Solo yang mengalami penurunan omset penjualan hingga 35%. Sedangkan produksi batik Pekalongan masih bertahan alias tidak terpengaruh dengan adanya batik RRC, karena batik pekalongan terkenal kehalusan tekstur kain dan batiknya.

Kira2 batik Indonesia beredar di china juga ndak ya?

Posted in: Intermezzo