Take Heed Coloured Plastic Pocket

Posted on 16 July 2009

20


Masih ingat tentang bahaya kemasan plastik? Kali ini sepatutnya kita semakin berhati-hati terhadap kantong plastik berwarna untuk wadah makanan siap saji, seperti gorengan, mie goreng, dan bakso. Sering kita temui kresek kecil berwarna hitam biasa dipakai sebagai bungkus gorengan, maupun styrofoam untuk bakmie goreng yang panas.

Baru-baru ini diberitakan hasil penelitian BPOM yang disampaikan oleh Husniah Rubiana Thamrin Akib, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan bahwa kantong plastik berwarna sangat berbahaya bagi kesehatan bila digunakan untuk mewadahi makanan siap saji. Alasannya plastik tersebut merupakan produk daur ulang yang riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui secara pasti.

Bahan pembuat kantong kemasan ada 2:
1. berasal dari biji plastik asli –> aman dan terbaik untuk makanan
2. berasal dari daur ulang –> diragukan asal-usul dan kebersihannya, apalagi jika riwayat plastik tersebut berasal dari plastik bekas dari pemulung yang tidak jelas penggunaan sebelumnya. Tahukah kita bila ternyata itu bekas pembungkus pestisida atau logam berat berbahaya?

Kita perlu waspada bila kemasan plastik yang digunakan berwarna dan mengeluarkan bau tertentu. Bisa jadi bahan pewarna yang digunakan tidak aman jika terkena panas. Misalnya kantong kresek, hindari pemakaiannya dari makanan berminyak dan suhu panas, karena zat-zat adiktif dalam plastik mudah terurai dalam lemak dan panas, apabila terkontaminasi dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Juga, panas mempercepat pemindahan zat warna dan bahan kimia dari kresek.

Berikut tips aman mengemas makanan:
– membawa tempat makanan sendiri saat membeli makanan di luar
– jangan memanaskan makanan dalam kemasan plastik pada magicjar-com / microwave
– hindari paparan sinar matahari pada makanan dan minuman yang dikemas dalam kantong plastik
– bila terpaksa memakai kantong plastik, pilihlah yang tidak berwarna dan tidak berbau

Dengan demikian kita tidak perlu parno (paranoid) terhadap kantong plastik karena masih bisa digunakan secara cerdas, dengan kata lain selektif dalam penggunaannya.

Posted in: Health