My Article is Worn Advertisement Without Permission

Posted on 20 July 2009

14


Awalnya hanya iseng menuliskan nama ladyelen di mesin pencari. Tidak lama kemudian muncullah link-link yang mengarah blog saya. Dari link yang ada saya temukan beberapa blog yang isinya kopi paste artikel saya, ada yang mencantumkan nama blog saya sebagai sumber tulisan, namun ada juga yang tidak, seakan-akan itu adalah tulisannya. Bisa dibuktikan kalau itu kopi paste dari tulisan saya, salah satunya adalah tercantumnya nomer hp saya dan gambar yang isinya berhubungan dengan ID saya. Artikel tersebut berhubungan dengan tutorial yang ada di blog saya.

Ya sudahlah, kalau memang tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang lain sebagai ilmu silakan saja diambil, berbagi ilmu tidak ada ruginya. Namun alangkah bijaknya bila sedikit menghargai keringat saya dalam membuat artikel itu, minimal mencantumkan dari mana dia mencomot isi artikelnya.

Bagaimana bila ternyata tulisan saya dipakai untuk kepentingan bisnis? Ini yang lumayan membuat saya kecewa terhadap pihak yang mengatasnamakan perusahaan susu kedelai yakni http://www.neos-international.com yang mengutip artikel saya tentang susu kedelai sebagai iklan produknya.

Saya tidak pernah menerima permintaan ijin untuk menjadikan tulisan saya sebagai iklan. Meskipun mencantumkan link blog saya, tapi kalo untuk komersial tetap harus minta ijin dong. Melihat isi iklan itu seakan-akan saya mengkonsumsi produknya, karena artikel saya ditambahkan gambar produk seperti di bawah ini.

Sumber gambar ada di indeks artikel di sini.

Ini baru satu yang saya temukan, semoga di lain kesempatan tidak akan terjadi lagi.

Posted in: Complaint